Monday, November 26, 2012

Ayam Bumbu Menado



Enaknya masak apa ya hari ini? Gimana kalo nyobain menu ayam bumbu yang satu ini? Nggak bakalan nyesel lho...yang pasti bakalan nambah nasinya...he...he. tetanggaku banyak yang sudah  nyobain resep ini.Komentar mereka semua sama...enak, beda dengan resep-resep yang sudah pernah mereka coba...nggak enek.  Ada komentar yang bikin aku senang ngedengernya, bu Eny  tetanggaku yang jago masak ‘ luar biasa’(aku sebut begitu karena sudah turun temurun punya katering), beliau bilang adik-adiknya pada tanya dan tertarik dengan masakan yang beliau masak. Dan ternyata...wow (ternyata aku harus bilang...wow gitu...)...resep bumbu menadoku dapat perhatian juga dari pakar ketering...rasanya seneng banget, nggak nyangka...jadi tersanjung dech ceritanya...he...he.
Bahan-bahan:
-          ½ kg ayam
-          6 bj  bawang merah
-          4 bj cabe merah besar
-          ½ jari kelingking kunyit
-          Garam secukupnya
-          Gula pasir ½ sdt
-          1 bh batang sereh
-          Daun kemangi satu ikat
-          Daun so/ daun melinjo kalo ada, 6 lembar
-          ½ ltr air
-    minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1.   Cuci ayam bersih lalu potong sesuai keinginan, lumuri dengan garam sedikit, goreng sampai agak kecoklatan. Angkat, sisihkan.
2.   Haluskan bawang merah, cabe, kunyit,garam dan gula. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, masukkan sereh. Masukkan ayam dan air, biarkan mendidih sampai air menyusut separuh dari ukuran tadi. Cicipi asin tidaknya masakan, setelah dirasa cukup masukkan daun kemangi dan daun melinjo. Aduk sebentar lalu angkat.
3.   Sajikan dengan nasi hangat...wuahhh bakal tambah disayang suami dech. 

No comments:

Post a Comment