Tuesday, November 13, 2012

CUTTERPILLAR BREAD



Setelah memanjakan diri dengan berbagai resep, sekarang saatnya memanjakan anak-anak dengan camilan empuk nan mempesona, ciee. Sekalian melatih otot- otot lengan yang sudah mulai kendur...hi...hi...potret diri lah yau.
Resep ini aku dapat dari mbak Ricke Indriani. Tadinya sih sempat keder ngelihat bentuknya yang lumayan usah, tapi setelah nyobain...ehh ternyata nggak susah-susah amat. Rasanya juga empuk banget, dan masih empuk meskipun dah semalam...ehh dua malam ding(disimpan dalam toples tertutup).

Bahan Dough:
-         375 gr tepung terigu cakra
-         100 gr tepung terigu segitiga
-         35 gr susu bubuk
-         1 sdt bubuk vanila(aku sih pakai beberapa tetes vanila cair)
-         75 gr gula kastor
-         1 sdt peres garam
-         1 bks ragi(11 gr)
-         ½ sdt bread improver(bisa dihilangkan)
-         2 kn telur kocok lepas
-         150 air es( sesuaikan  dengan adonan/bisa kurang bisa lebih)
-         50 gr butter potong-potong

Water Roux:
-         25 gr tepung terigu cakra
-         125 ml air
Adonan campur rata, masak diatas api kecil dengan whisk hingga mengental tapi jangan sampai meletup-letup. Jaga warnanya tetap putih seperti susu dan jika warna water roux ini menjadi abu-abu itu artinya tidak dapat dipakai. Aduk hingga agak hangat, tutup dengan plastik.

Egg Wash:
-         1 kuning telur kocok lepas campur dengan 2 sdm susu cair
-         Butter untuk olesan roti setelah dipanggang

17-18 bh sosis rasa apa saja untuk isian adonan

Cara membuat:
1.     Ayak tepung terigu dan susu, campur dengan gula vanili dan ragi, aduk-aduk. Lalu tambahkan water roux dan kuning telur, aduk rata.
2.     Kemudian masukkan air secara bertahap, uleni sampai kalis (adonan jangan sampai terlalu lembek atau terlalu keras/bantat ya). Pemberian air dapat ditambah atau dikurangi.
3.     Masukkan garam dan butter.
4.     Uleni adonan sampai kalis elastis. Bulatkan adonan. Taruh dalam baskom yang telah dioles minyak. Tutup dengan serbet lembab. Diamkan adonan sampai 1 jam (mengembang 2 kali lipat)
5.     Kempiskan adonan, uleni sebentar. Bagi adonan menjadi beberapa bagian(60 gr), kira-kira jadi 17-18 roti. Diamkan 10 menit.
6.     Gilas adonan memanjang dengan rolling pin dengan ketebalan ½ cm. Letakkan 1 bh sosis diatas adonan yang telah digilas tadi. Lipat adonan menutupi sosis, tekan-tekan pinggirannya agar tersambung dan menempel satu sama lain. Kerat- kerat adonan yang berisi sosis dengan pisau disalah satu sisi kurang lebih jarak keratan 1 cm, tapi jangan sampai terputus. Posisikan keratan tadi kekanan dan kekiri, lakukan terus sampai keratan habis. (Cara step by stepnya Insyaallah aku posting lain kali ya) .



7.     Tata adonan yang telah terbentuk diatas loyang yang beroles margarin, topping dengan saus tomat dan saus sambal, beri parutan keju, mayonais jika suka(suka-suka deh toppingnya, kalo aku pakai wijen hi..hi kebetulan stok keju dah abis) tutup dengan plastik wrap. Diamkan 30 menit, oles dengan egg wash. Oven 180- 200 celcius. Bakar sampai permukaan coklat kurang lebih 15-20  menit. Keluarkan dari oven, panas-panas oles permukaannya dengan mentega.
8.     Sajikan, jika tidak langsung habis bisa disimpan dalam toples dan jangan lupa ditutup ya.

No comments:

Post a Comment