Thursday, November 1, 2012

SUS JEPANG PAK SAHAK



Alhamdulillah,akhirnya jadi juga ngebikin blok ini.
Kali ini aku ingin sharing camilan sehat kesukaan putri pertamaku Auliya,kue sus.Resep ini aku jiplak dari blognya mbak Camelia,makasih ya mbak...uenuaak banget rasanya.Jujur aja. ini kali pertamanya aku buat SUS JEPANG PAK SAHAK dan ternyata berhasil(walaupun agak deg-degan... kurang pede). Jangan khawatir nggak berhasil,pasti deh jadi..asal ngikuti step by stepnya.Oke langsung aja ya,ini dia resepnya tapi udah ada yang aku tambahin sedikit.
Bahan Sus(kulit):
120 gr tepung terigu
3 btr telur ayam
110 gr air
1 sdt garam
100 gr margarin
½ sdt baking powder(boleh gak pakai,ini tambahanku sendiri...di resep mbak Camelia nggak pake)

Topping:
1 sdm air,50 gr tepung terigu,50 gr gula halus,50 gr margarin

 Caranya:

Campurkan air,butter dan garam dalam panci,didihkan dengan api yang tidak terlalu besar(sambil diaduk ya).Lalu masukkan tepung terigu.Aduk-aduk sampai kalis.Angkat dan dinginkan.
Sambil menunggu dingin aduk semua telur dengan balloon whisk.Tuang telur sedikit-sedikit kedalam tepung yang telah dingin tadi.Aduk hingga rata dengan mixer(dengan sendok kayu juga boleh...bagi yang pengen badannya agak kurusan...he..he).Jika adonan dirasa sudah pas(tidak terlalu lembek dan juga tidak terlalu keras) dan telur masih sisa sebaiknya penuangan telur dihentikan,karena ukuran telur tidak sama.Terlalu lembeknya adonan membuat kue sus susah dibentuk.Masukkan adonan dalam plastik segitiga, semprotkan adonan diatas loyang yang telah dioles mentega tipis-tipis.
Membuat topping:
Semua bahan dikocok menjadi satu hingga lembut(kalo aku sih aduknya pake sendok makan aja). Adonan yang telah lembut dimasukkan dalam plastik segitiga,gunting ujungnya,semprotkan diatas adonan tadi kurang lebih 3/4  dari adonan yang partama.

Oven dengan suhu 180c selama 35-45 menit.Jangan dibuka ovennya jika kulit sus belum berwarna kecoklatan,karena jika belum coklat oven dibuka kue susnya akan kempes.

Bahan isi:
200 gr whipcream kocok sampai kental
100 gr susu cair
250 gr coklat blok
atau bisa juga diisi dengan menggunakan vla sus ekonomis(lihat di resep sus keranjang buah)

Caranya:
Susu cair dimasak dengan coklat sampai larut,dinginkan.Masukkan kedalam kocokkan whipcream. Aduk rata.Semprotkan isi kedalam sus,atau kulit dibelah melintang lalu isi dimasukkan.Selamat mencoba...pasti suka dengan adonan toppingnya...krenyes....krenyes.

Tips menyimpan kulit sus:
Untuk menghindari kulit sus mudah basi, kemas kulit sus dalam wadah plastik yang tertutup rapat. Simpan dalam lemari pendingin. Bila akan disajikan, hangatkan kulit sus dengan cara dioven.



Sumber : Tabloidnova.com




No comments:

Post a Comment